Kecanggihan Teknologi Design Lighting

Dalam perkembangan teknologi saat ini di berbagai bidang, banyak perangkat-perangkat elektronik dan gadget yang sangat mutakhir yang kita temui dan alat-alat tersebut sangatlah membantu kita dalam aktivitas kita sehari-hari baik di dalam rumah ataupun di luar rumah.

Begitu pun juga dengan kemajuan tekologi di bidang Design Lighting khususnya yang diaplikasikan pada rumah-rumah mewah yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dll. Saat ini sudah tidak asing lagi kalau konsep pada Design Lighting untuk rumah-rumah kelas atas tersebut menggunakan teknologi Integrated Dimmer System. Konsep pada Integrated Dimmer System tersebut menggunakan produk-produk yang di-import langsung dari produsennya di luar negeri seperti dari Amerika, Jepang dan dari beberapa negara di Eropa. Kecanggihan teknologi yang diperkenalkan oleh produsen alat-alat canggih tersebut adalah merubah kebiasaan orang yang tadinya untuk menyalakan lampu / penerangan dengan tujuan hanya “On / Off” (Nyala / Mati, Terang / Gelap), sekarang dengan adanya teknologi tersebut dapat membuat orang untuk menyalakan lampu / penerangan lebih “Bertema” atau “Terkonsep” sesuai dengan aktivitas nya sehari-hari. Misalnya, tujuan si pemilik rumah untuk menyalakan lampu dapat memilih suasana dengan tema seperti Pesta / Party, Romantic Dinner, Menonton TV, Tidur, Makan Malam Biasa, Cozy dll. Jadi tujuan alat Integrated Dimmer System tersebut adalah ingin memudahkan pemilik rumah untuk menyalakan lampu / penerangan dan mengatur seluruh grouping-grouping lampu dan ornamen lainnya yang ada sesuai dengan aktivitas keseharian yang diinginkan hanya dengan menekan 1 tombol saja melalui Switch Control di dinding atau di Gadget seperti iPad, Tablet dan Smart Phone.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sudah terbukti kecanggihan teknologi pada alat-alat tersebut sangatlah membantu si pemilik rumah dalam aktivitas kesehariannya khususnya dalam hal untuk menyalakan atau mematikan lampu-lampu pada saat hari akan gelap maupun menjelang pagi. Menurut pengamatan kami yang sudah bertahun-bertahun mengerjakan proyek baik di bidang Design Lighting maupun Design Interior, keberadaan alat Integrated Dimmer System sudah tidak asing lagi untuk rumah-rumah yang berada di beberapa kota besar di Indonesia. Permintaan yang sangat tinggi akan alat tersebut kadang-kadang harus membuat klien kami harus dengan rela menunggu sampai sekitar 1-2 bulan untuk alat tersebut sampai di Indonesia, karena kondisi pemesanannya adalah “Indent”. Banyak perusahaan yang memproduksi alat Integrated Dimmer System ini seperti LUTRON, CRESTRON dan juga beberapa produsen saklar / switch yang juga memproduksi alat sistem tersebut seperti LEGRAND, CLIPSAL, JUNG, PANASONIC dll.

Semua produsen tersebut adalah berasal dari negara-negara di luar Indonesia, beberapa ada yang memiliki distributor di Indonesia dan juga beberapa lagi import langsung dari perwakilan distributor di negara tetangga seperti Singapore, Thailand dan Australia. Untuk service centernya saat ini memang belum ada satupun dari perusahaan-perusahaan produsen tersebut membuka cabang di Indonesia. Garansi yang diberikan hanya 1 tahun, yang apabila terjadi kerusakan akibat kesalahan pabrik maka akan langsung diganti dengan barang yang baru oleh distributor. Apabila kerusakan sudah melewati masa garansi maka klien / konsumen harus membeli produk yang baru dan biasanya mendapatkan discount dari harga awal pembelian.

Namun sebenarnya menurut pengamatan kami dari beberapa proyek yang kami kerjakan yang menggunakan alat ini sejak tahun 2003 sampai saat ini, klaim kerusakan pada produk tersebut yang sudah melewati masa garansi hanya dikisaran dibawah 5%. Jadi dapat dikatakan sebenarnya alat Integrated Dimmer System ini kualitasnya sangat lah baik dan “kuat”. Lalu mengapa alat ini bisa kuat dan awet? Alat ini memang berbeda dengan alat elektronik lainnya seperti televisi, ac, microwave, radio, gadget dll, yang merubah energi listrik menjadi energi lainnya. Integrated Dimmer System tidak merubah energi listrik menjadi energi lainnya, Input dan Outputnya tetap sama berupa energi listrik yang disalurkan melalui kabel ke lampu-lampu yang merubah dari energi listrik ke energi cahaya. Jadi sebenarnya kekuatan alat Integrated Dimmer System ini sama dengan kekuatan Saklar / Switch normal pada umumnya. Apabila kita membeli saklar / switch biasa dan mengalami¬† kerusakan pada saat sudah lewat masa garansi nya maka saklar / switch tersebut tidak bisa diperbaiki dan harus membeli yang baru.

Be Sociable, Share!
Comments Are Closed